Saturday, October 6, 2007

PANDANGAN ALLAH KEPADA RASULULLAH S.A.W.

PANDANGAN ALLAH KEPADA RASULULLAH S.A.W.

Sesungguhnya Allah dan Para MalaikatNya berselawat keatas Nabi, Hai orang-orang yang beriman berselawatlah dan ucapkkanlah kesejahtraan keatsnya, niscaya kamu akan diberi keselamatan (Al Ahzab 56)

Katakanlah jika kamu mencintai Allah maka ikutilah aku (Muhammad)niscaya Allah akan mencintaimu dan menghapus segala dosa kamu, dan Allah maha pengampun lagi penyayang.

Ayat diatas menunjukkan keagungan Rasulullah Saw, yang memiliki posisi yang paling tinggi pada pandangan allah. Hal ini terlihat dengan speasifiksasi yang di berikan Allah kepada nabi Muhammad, yaitu ucapan selawat yang langsung dari Allah dan Para Malaikatnya, yangmana hal ini tdak di dapatkan oleh para Nabi dan Rasul-rsul sebelumnya. Didalam Tafsir Fi Zilalil Quranm Sayyid Kutub mengomentari ayat ini , beliau berkata : Dan selawat Allah keatas Nabinya disebutkannya dengan derajatnya yang paling tinggi, dan selawat Para Malaikat keatas Nabi asalah do`a mereka kepada Allah…dan sungguh pada dirinya memililiki martabat yabg paling Mulia dimana memalingkan segala sesuatu yang wujud selain pujian allah Katas nabinya, dan menerangi segala Mahkluk serta memenuhi keinginananya, kemudian menetaplam kemualiaan itu selama lamanya, dan inilah suatu nilmat dan kemuliaan yang tidak ada nikmat dan kemuliaan setelahnya, dan siapapun yang memberikan selawat serta selawat kwatas Nabi setelah Allah memberikan kemulian, dan penghormatan Malaikat Nya kepada nabi, sesungguhnya Allah akan memberikan kemuliaan kepad Orang-orang mukmin yang mengucaplan selawat dan salam keatan Nabi dengan kemualiaan yang abadi"[1]

dan didalam Al Quran Allah besumpah dengan Nama Muhammad sebagai tanda kemuliaan Rasulullah, Allah berfirman "demi UmurmU (Muhammad) sesungguhnya mereka terombangan-ambing di dalam kemabukan (kesesatan)[2] , ayat ini adah sumpah Allah dengan kamampuan NabiNya yang begitu Mulia menunjukakkan penghormatan dan keagungannay. IbnuAbbas berkata : Allah Tidak menjadikan seseorang yang lebih mulia Dari Muhammad Saw, Dan Abul Jauza` juga berkata : "Allah tidak pernah bersumpah dengan kehidupan seseorang selain dari Nabi Muhammad, karena Beliau adalah makhluk yang paling agung.[3]

Kemuliaan yangdiberikan oleh Allah kepada rasuulullah terlihat secara jelas dari taks ayat-ayat AlQuran, sperti didalam Qs. 2:81, bahwa tidak akan mengutus seorang Nabi dan Rasul kecuali ia membenarkan ajaran yang dibawa oleha Rasulullah Sawl, dan para Nabi dan Rasul berjanji kepa Allahm bahwa bila datang seorang Nabidan Rasul Yang bernama Muhammad, mereka akan iman kepadanya dan menolongnya.

Kemuliaan dan keagunga Rasulullah pada pandagan Allah dijustifikasi dengan ayati-ayat Al Qur`anNya yang lain seperti sesunguhnya pada diri Rasulullah itu terdapat suri tauladan yang baik[4] kemudian pada ayat yang lain'sesungguhnya engkau (hai Muhammad) memililki Akhlak yang paling tinggi

Karateristik Rasulullah Saw. Dalam gambaran Al Quran

Allah Swt. Menjelaskan karateristik Rasulullah Saw. Dengan Ayat-ayatNya yang terdapat di dalam Al Quran dan didalam sunnat Rasulullah

Sendiri. Cirri khas atau karateristik Rasulullah yang di gambarakan oleh Allah di dalam Kitabnya karena keagungan nyadi sisi Allah Swt. Gambaran Allah kepada rasulNya meliputi seluruh Aspek kehidupannya. Baik dari sifat secara kepribadian Rasulullah sendiri, hingga tujuan di utusnya oleh Allah kepada seluruh Alam.

Adapun kareteristik rasulullah yang di gambarkan didlam al Quran sebagai berikut:

Pertama, Rasulullah di utus sebagai rahmat bagi seluruh Alam[5]. Said iBnu jabir bekata dari Ibnu Abbas : sesungguhnya Rasulullah Saw adalah Rahmat Bagi seluruh manusia, maka siapa yang beriman dan percaya maka telah mendapatkan kebahagiaan, dan siapa yang tidak percaya kapadanya maka telah celaka. Karena dusta terhadap rasul-rasul sebelum Rasulullaha adalah diazab seperti yangdijelaskan dalam ayat Al quran " dan kami tidak akan mengaazab sehingga kami mengutus kepada Rasul"

Firman Allah tenatang Rasulullah sebagai ramat begi seluruh Alam, seperti yang diakatn oleh Samar kindy adalh meliputi manusia dan Jin[6]



[1] Sayyid Kutub Fi Ziilalil Qur`an, Dar As Syuruq Beurut 2004/1425 jld 5 hlm 2879

[2] Al Ahzab Ayat 72

[3] Hasan Kamil Al Multhowi, Raulullah fil Quranil Karim, Darul Maarif Kairo 1989 hlm 321

[4] L Quran

[5] Hasan kamil Al Multhawy, Rasulillah fil Quranil Karim, Daarul Maarif,Kairo 1989 hlm 318

[6] Al Syifa bi ta`rifi hukukil Musthofa, iyad Ibnu Muhammad Ibnu abdillah Ibnu Musa ibnu Iyad Al yahshoby ,Daarul Hadist, Kaioro2004, jld I hlm14

No comments: